Download Free Monitor Aktivitas Penggunaan Komputer


Download Free Monitor Aktivitas Penggunaan Komputer,  

Sebelumnya saya pernah mengulas salah satu software untuk memonitor dan menganalisa penggunaan komputer dengan Manictime. Kini kita juga bisa memonitor aktivitas penggunaan komputer baik lokal maupun jaringan dengan software alternatif gratis + opensource, Wamon (Windows Activity Monitor). Dibanding Manictime, wamon mempunyai beberapa kelebihan disamping ada juga kekurangan. Meskipun begitu, software ini patut kita coba jika kita memang memerlukan data aktivitas penggunaan komputer.

Wamon sangat bermanfaat untuk mengetahui apa saja yang kita gunakan dengan komputer kita. Dengan melihat rangkuman atau ringkasan aktivitas penggunaan komputer, kita akan lebih mudah mengatur dan mengevaluasi penggunaan komputer. Jika komputer kita digunakan lebih dari satu orang, maka dengan software ini akan lebih bermanfaat untuk memata-matai mengetahui dan mengevaluasi penggunaannya.

Fitur-fitur Wamon :

  • Sofware yang kecil dan ringan, sehingga tidak memberatkan kinerja komputer.
  • Mampu merekam aktivitas (aplikasi dan waktu) yang sedang digunakan (aktif)
  • Report atau laporan bisa diakses melalui jaringan (network), sehingga bermanfaat misalnya untuk memantau aktivitas komputer dalam kantor, warnet dan penggunaan banyak komputer dalam jaringan lainnya.
  • Pengaturan yang sederhana dan mudah
  • Bisa memantau process atau aplikasi yang sedang aktif di background, dengan menambahkan nama aplikasi atau proces yang diinginkan.
  • Bisa melihat laporan per user (pengguna) atau total seluruh user
  • Tampilan laporan dalam grafik (pie chart) dan juga daftar (Timesheets) yang bisa diatur tanggalnya.
  • Jika anda pengguna yang terbiasa menggunakan regular expression, bisa membuat laporan dalam group sesuai dengan data yang kita inginkan.

Penggunaan wamon

Pertama-tama download aplikasi ini dari halaman Download Wamon ( 1.3 MB). Selanjutnya install di komputer. Wamon akan berjalan sebagai service (berjalan di background) dan memantau aktivitas penggunaan aplikasi komputer.

Pengaturan Wamon berbasis web, sehingga laporannya pun kita lihat melalui web browser. Dengan installasi dan setting bawaan, untuk mengakses report atau laporannya, bisa langsung kita klik http://127.0.0.1:57824/stats, yang nantinya akan membuka web browser dan akan ditampilkan statistik penggunaan aplikasi hari ini (seperti contoh gambar diatas). Terdapat beberapa menu, yaitu : Statistics, Groups, Timesheets,


Processes dan Settings. Laporan dapat ditampilkan per hari atau rentang dalam beberapa hari tertentu.

Dibanding Manictime, Wamon terasa lebih ringan dan sepertinya tidak ada kebutuhan khusus untuk menginstallnya ( berbeda dengan Manictime yang memerlukan Microsoft .NET Framework 3.5 SP1 ).

Kelebihan lain, laporan wamon bisa di akses melalui jaringan, sehingga memudahkan bagi administrator/operator yang mengelola banyak komputer melalui satu komputer. Selain itu adanya Group memungkinkan kita mengelompokkan aplikasi tertentu dalam satu bagian, misalnya Office, Internet dan lainnya. Program yang bersifat OpenSource juga menjadi kelebihan, karena dengan ini software bisa dikembangkan sendiri.

Ada kelebihan tentu ada kekurangannya juga, seperti misalnya data yang direkam hanya nama program utamanya saja, misalnya Firefox. Judul dan halaman yang diakses tidak ikut disimpan dalam laporan seperti halnya Manictime. Meskipun hal ini ada sisi positifnya, yaitu data yang tersimpan tentu akan lebih kecil.

Sumber:ebsoft.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s