Tips Cara Mengukur Kecepatan Webside,Blogger dan WordPress Anda


A14 Teman teman punya blog atau website? Pengen punya banyak pengunjung? Sebenarnya banyak faktor yang membuat blog kita mempunyai banyak pengunjung (visitor), mulai dari isi kontent, tampilan blog, kemudahan mengakses blog kita, hingga kecepatan loading blog kita, dan mungkin masih banyak lagi faktor yang lain. Tak dapat di pungkiri, kecepatan loading blog kita adalah salah satu faktor utama banyaknya pengunjung blog kita. Makin berat blog kita, makin susah diakses, makin lama loading nya, makin sedikit pula pengunjungnya. Karena para pengunjung akan merasa bosan berpindah pindah halaman, ya karena untuk loading satu halaman saja sudah lama.Boleh saja sich mempercantik blog kita dengan semua widget dan pernak pernik yang ada. Pasang inilah, itulah, apalah, semua sah sah aja, tapi sebenarnya yang harus kita kasihani adalah saudara saudara kita yang punya koneksi lambat dan ingin bersahabat dengan kita dengan saling berkunjung.

Kalau yang ingin berkunjung seperti saya ini gimana? Kadang saya cuma punya koneksi dengan transfer rate 4Kbps. Kalau blog kamu beratnya 500kb, maka saya membutuhkan waktu 2 menit 20 detik untuk membuka satu halaman blog kamu. Saya pernah berkunjung ke blog salah seorang sahabat, yang loading pagenya 1Mb per halaman, terus berapa menit saya harus menunggu untuk membuka 1 halaman saja?

Kalau punya blog yang loading page nya berat, mana mau para pengunjungnya mampir? Apalagi kalau quota pengunjungnya terbatas, bisa kebobolan kantongnya. Terus bagaimana caranya mengetahui, seberapa lama loading page dari blog kita? Banyak banget website yang memberikan fitur pengukur loading page ini, tapi saya lebih suka pakai Pingdom. Untuk teman teman yang berminat mengukur seberapa berat dan seberapa cepat blog kita dapat diakses silahkan masuk website Pingdom tools ( disini ).

Karena itu, mari kita buat blog kita seringan mungkin agar mudah dan cepat di akses. Buang saja semua widget yang tidak begitu berguna, kalau suka menggunakan image dalam satu postingan, pilih image yang ukurannya kecil. Pokoknya buat blog kita seringan mungkin, sesederhana mungkin, tapi dengan tampilan yang tetap menarik dan enak di lihat.

Sekedar berbagi info, bila di ukur di Pingdom Tools, blog saya seberat 84,1 Kb, kalau masalah kecepatan akses, tergantung koneksi masing-masing. Kalau memakai speedy, blog saya dapat di akses secara penuh, kurang dari 3 detik. Hebat banget speedy, tapi kalau memakai koneksi saya, blog akan tampil sempurna setelah 20 detik ( kalau lagi normal ). Jadi seberapa berat blog kamu?

3 Tanggapan

  1. makasih gan atas sharingnya jangan lupa mampir ya 🙂

  2. … ini dia, info yang sedang saya cari, makasih ya, bro !

    • iya sama sama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s