Terungkap Kawah Besar Meteorid Penghancur Dinosaurus


Ilmuwan sebelumnya telah mengidentifikasi kawah besar di Teluk Meksiko sebagai peristiwa disebut azab bagi dinosaurus. Namun bukti dampak kedua telah ditemukan di Ukraina.

Hal ini menimbulkan kemungkinan bumi telah dibombardir oleh hujan meteorit.

Penemuan baru ini diterbitkan dalam jurnal Geologi oleh tim dipimpin oleh Profesor David Jolley dari Universitas Aberdeen.

Ketika pertama kali diusulkan pada 1980, gagasan meteorit telah membunuh dinosaurus terbukti sangat kontroversial.

Namun, penemuan Kawah Chicxulub di Teluk Meksiko Amerika Serikat, kemudian dianggap sebagai “senjata ” yang membenarkan teori tersebut.

Penemuan kawah dampak kedua menunjukkan bahwa dinosaurus punah didorong oleh serangan ganda daripada serangan tunggal.

Adanya Kawah Boltysh di Ukraina pertama kali dilaporkan pada 2002. Namun, sebelumnya tidak diketahui akibat dari dampak Chicxulub itu.

Dalam penelitian baru, para ilmuwan meneliti serbuk sari dan spora tanaman fosil di lapisan lumpur pengisi kawah. Mereka menemukan bahwa segera setelah dampak, pakis menjajah dengan cepat lanskap yang hancur.

Pakis memiliki kemampuan luar biasa untuk bangkit kembali setelah bencana. Lapisan penuh spora pakis dijuluki “pakis paku” dianggap sebagai “penanda yang baik” dampak peristiwa masa lalu.

Namun, ada penemuan tak terduga. Para ilmuwan menemukan sebuah paku “pakis kedua ” di dalam lapisan satu meter di atas yang pertama, menunjukkan peristiwa lain dampak kemudian.

Profesor Simon Kelley dari Universitas Terbuka yang merupakan-penulis bersama studi tersebut, mengatakan: “Kami menafsirkan ini sebagai lapisan kedua setelah dampak Chicxulub.”

Hal ini menunjukkan bahwa dampak Chicxulub Boltysh tidak terjadi pada waktu yang tepat sama. Dampak terjadi beberapa ribu tahun terpisah, dalam jangka waktu antara dua paku pakis.

INILAH.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s