34 Desa Berada dalam Zona Bahaya Letusan Gunung Sinabung


Sebanyak 34 desa yang tersebar di empat Kecamatan di Kabupaten Karo,  Sumatera Utara (Sumut) berada dalam zona bahaya letusan Gunung Sinabung. Sebagian besar penduduk desa tersebut sudah dievakuasi menuju lokasi-lokasi pengungsian.

Data yang diperoleh dari Posko Utama Penanggulangan Bencana Hingga Minggu (29/8/2010) malam, menyebutkan, keseluruhan desa tersebut terbagi dalam tiga zona bahaya letusan.

Zona pertama disebut sebagai Siaga I. Kawasan ini berada dalam radius  enam kilometer dari pusat letusan Gunung Sinabung. Terdapat 12 desa  dalam zona tersebut. Yakni Desa Sigarang-garang, Sukanalu, Bekerah,  Simacem, Gamber, Sukameriah, Kutarakyat, Kutagunggung, Naman,  Kutambelin, Kebayaken dan Desa Guru Kinayan.

Sementara zona kedua disebut daerah rawan I, yang lokasinya sudah lebih dari enam kilometer. Terdapat 10 desa yang masuk zona ini. Yakni Desa  Silandi, Berastepu, Kuta Tengah, Sukandebi, Sukatepu, Ndeskati, Gungpinto, Payung, Perbaji dan Desa Nardinding.

Sementara zona ketiga disebut Rawan II. Terdapat 12 desa yang masuk  dalam zona tersebut. Yakni Desa Ujung Teran, Cinta Rakyat, Torong, Ujung Payung, Rimo Kayu, Batukarang, Kuta Tonggal, Cimbang, Temburun  Tiganderet, Tanjung Morawa dan Desa Kutambaru.

Sebagian besar penduduk desa-desa tersebut, sudah dievakuasi dan  ditempatkan pada lokasi-lokasi penampungan pengungsian yang terdapat di Kecamatan Kabanjahe, Berastagi dan beberapa daerah lainnya.

Hingga saat ini jmumlah warga yang mengungsi akibat meletusnya gunung Sinabung tersebut mencapai 18.665 jiwa. Angka ini diperkirakan akan terus naik jika situasi tidak kunjung membaik.
Sumber : Detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s