Info ! Gempa Dahsyat “Big One” Hantui AS


(latimes.com)

Gempa bumi kuat di sepanjang sesar San Andreas lebih sering terjadi dari dugaan sebelumnya dan ditakutkan “Big One” akan segera terjadi, peneliti AS mengatakan dalam sebuah penelitian.

Ilmuwan University of California dan Arizona State University memeriksa kembali catatan geologi 700 tahun di sepanjang garis patahan 160 kilometer barat laut Los Angeles.

Mereka menemukan bahwa gempa bumi kuat antara 6,5 hingga 7,9 magnitudo mengguncang daerah setiap 45-144 tahun, bukan 250-400 tahun yang diketahui sebelumnya.

Sejak gempa bumi berkekuatan 7,9 besar terakhir melanda California selatan pada 1857, atau 153 tahun yang lalu, para ilmuwan percaya bahwa “Big One” berikutnya bisa terjadi kapan saja.

Para ilmuwan pada Jumat memberikan abstraksi penelitian mereka, yang akan dipublikasikan secara penuh pada 1 September diterbitkan di Majalah Geologi.

“Yang kita tahu adalah selama 700 tahun terakhir, gempa bumi di selatan sesar San Andreas terjadi lebih sering daripada berpikir semua orang,” kata pemimpin penulis studi tersebut Sinan Akciz.

“Data yang disajikan di sini bertentangan dengan laporan sebelumnya yang dipublikasikan,” tambahnya.

Dengan 37 juta orang tinggal di California selatan, terutama di kota-kota Los Angeles, San Diego dan Anaheim, gempa bumi besar bisa menewaskan antara 2.000 hingga 50.000 orang dan menyebabkan miliaran dolar kerugian akibat kerusakan, kata para ilmuwan.

INILAH.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s