Inilah Foto Menakjubkan Ungkap Tabrakan 2 Galaksi


(dailymail.co.uk)

Sebuah foto menakjubkan menunjukkan dua galaksi bertabrakan secara perlahan dalam kurun waktu jutaan tahun, dan hingga kini masih berlangsung.

Seperti dikutip dari Daily Mail, foto itu menampilkan tabrakan dua galaksi Antea yang terletak sekitar 62 juta tahun cahaya dari bumi.

Peristiwa ini dimulai dari 100 juta tahun lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

Galaksi ini diberi nama Antena karena memiliki panjang lengan mirip antena yang terlihat pada sudut pandangan galaksi ini. Tabrakan yang bergerak perlahan tersebut telah membentuk jutaan bintang.

Bintang paling besar telah meledak sebagai Supernova yang terjadi jutaan tahun lalu. Gambar X-ray dari Chandra X-ray Observatory menunjukkan adanya awan panas yang besar, gas antarbintang di mana menunjukkan kumpulan elemen sangat banyak dari ledakan Supernova.

Gas tersebut diperkaya dengan unsur seperti oksigen, besi, magnesium dan silikon. Beberapa materi ini kemudian akan bercampur dengan materi bintang dan planet generasi terbaru.

Titik terang pada gambar dihasilkan dari materi yang jatuh pada lubang hitam dan bintang-bintang neutron yang tersisa dari bintang besar.

Beberapa lubang hitam mungkin memiliki massa hampir seratus kali bobot matahar

INILAH.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s