Magic TrackPad dan Penggunaannya


Magic TrackPad dan Penggunaannya, Siapa yang tidak memerlukan mouse ketika sedang menggunakan komputer desktop ayo angkat tangan ? Ya, hampir dapat dipastikan, semua pengguna komputer desktop dan sebagian kecil pengguna laptop atau notebook/netbook menggunakan mouse sebagai alat bantu untuk mengoperasikan komputer.


Jika anda ingin mengetahui sejarah dan perkembangan mouse secara singkat, bisa membacanya pada postingan saya di sini. Bagi anda yang mengenal komputer dari tahun 80-an s/d 90-an awal pasti pernah mengoperasikan Sistem Operasi DOS dan aplikasi Wordstar (kalau sekarang sama dengan Microsoft Word atau Open Office yang berfungsi sebagai pengolah kata). Dulu, sebelum ditemukannya mouse, seluruh aktivitas pengetikan atau menggambar di depan komputer dilakukan dengan bantuan keyboard. Kalau kita sedang mengetik naskah, biasanya kita harus hafal tombol-tombol kombinasi yang digunakan untuk keperluan pengetikan tersebut. Misalnya, Ctrl-S untuk menyimpan dokumen, Ctrl-X untuk keluar dari aplikasi pengolah kata, dan lain-lain.

Baiklah, cukup basa-basinya😀, sekarang saya akan melanjutkan postingan tentang Magic TrackPad. Apakah itu ? Magic TrackPad adalah alat yang fungsinya sama dengan mouse-yaitu sebagai alat bantu untuk melakukan segala aktivitas selain keyboard. Hanya saja, alat keluaran Apple terbaru ini lebih canggih daripada mouse. Dengan kata lain, mungkin sekarang sudah saatnya bagi kita untuk mengucapkan selamat tinggal pada mouse dan beralih pada Magic TrackPad.

Magic Trackpad adalah produk baru yang diperkenalkan oleh Apple pada tanggal 27 Juli 2010 yang lalu. Secara fisik berbentuk papan alumunium yang permukaannya dilapisi oleh kaca, tapi tentu saja bukan kaca biasa, melainkan papan yang di dalamnya terpasang sensor sentuh/multitouch.

Sebetulnya, Magic Trackpad ini sama degan touchpad yang terdapat pada Macbook Pro dari segi teknologi yang digunakannya. Hanya saja, dilihat dari ukuran, alat ini 80% lebih besar sehingga tangan kita bisa bersandar dengan nyaman pada papan tersebut.

Beberapa kelebihan yang ada pada Magic TrackPad ini :

1. Koneksinya dilakukan dengan menggunakan Bluetooth yang dapat digunakan hingga jarak 10 meter, jadi tidak perlu repot dengan kabel yang biasanya digunakan oleh mouse standar. Daya listriknya menggunakan 2 buah baterai AA NiMh (sudah termasuk paket pembelian). Apple menyediakan juga charger untuk mengisi ulang baterai tersebut.

2. Sensor Multitouch yang ada pada alat tersebut mendukung 4 perintah yang dilakukan oleh gerakan kombinasi jari-jari pada tangan.

Berikut beberapa gerakan yang dapat anda lakukan pada Magic TrackPad ini :

1. Click/Klik


2. Scroll

3. Swipe

4. Rotate / Memutar


Kalau anda ingin melakukan gerakan klik, tekan permukaan atau ketuk satu kali atau dua kali tergantung pengaturannya. Mau melakukan scrolling ? Geser saja 2 ujung jari di permukaannya sesuai dengan arah yang diinginkan, misalnya horizontal, diagonal atau vertical. Jika anda ingin melakukan gerakan page forward atau back ketika ada di halaman web, lakukan dengan cara menggeser 3 ujung jari. Nah kalau ingin gerakan memutar/rotate, gunakan jempol dan ujung telunjuk untuk melakukannya.

Demikian penjelasan singkat mengenai alat pengganti mouse atau saya sebut mouse generasi baru. Mudah-mudahan bermanfaat.

Sumber : http://artikel-it.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s