Inilah Software Pembuat dokumen PDF dengan FreePDF Creator


Untuk membuat sebuah dokumen menjadi format PDF (Portable Documents Format), saat ini sudah begitu banyak software atau tools yang bisa kita gunakan. Salah satu yang tergolong baru adalah FreePDF Creator. Dengan teknik seperti install driver printer, kita bisa membuat Format PDF dari 300 lebih jenis dokumen/data.

Bagaimana kemampuan software gratis ini? Apakah mampu bersaing dengan pembuat pdf gratis lainnya ?

Apa itu PDF ?PDF (Portable Document Format), merupakan format file ( seperti doc, xls dll) yang dibuat oleh Adobe System untuk mempermudah pertukaran dokumen. Awalnya PDF hanya bisa menyimpan data yang terbatas seperti text, font, gambar PDF serta vektor 2 dimensi. Tetapi saat ini sudah berkembang dan bisa menyimpan berbagai data multimedia, seperti audio, video, flash, 3D dan lainnya.

Saat ini PDF sudah menjadi standard web dokumen, baik untuk dibaca maupun dicetak. Untuk membuka file PDF ini diperlukan program/software pembaca PDF (PDF Reader), seperi Adobe Reader, Nitro PDF Reader dan lainnya. Selengkapnya tentang PDF

FreePDF Creator

FreePDF Creator merupakan software gratis untuk konversi dokumen menjadi PDF dan bisa kita gunakan selamanya. Software ini mempunyai beberapa fitur seperti :

  • Membuat PDF dari dokumen apa saja, asalkan ada menu untuk mencetak/print (lebih dari 300 format dokumen)
  • Gratis, penggunaan tidak dibatasi
  • Membuat PDF dari file Microsoft Office ( Word, Excel dan PowerPoint) dengan mudah
  • Mendukung Font Asian Language
  • Berbagai opsi hasil keluaran
  • Fitur untuk mengubah/mengisi dokumen properties
  • Memberi password dan mengatur opsi keamanan dokumen

Penggunaan Program ini sangat mudah. Setelah di download, install di komputer. Ketika install akan muncul menu Trial Registration, untuk mengisikan Nama, email dan perusahaan. Abaikan saja permintaan ini dengan memilih tombol Skip Registration.

Setelah proses installasi selesai, kita bisa langsung menggukanannya. Caranya, buka dokumen kita yang akan dijadikan pdf dengan program apa saja. Kemudian pilih menu File > Print, dari daftar printer yang ada, pilih FreePDF Creator.

Selanjutnya akan muncul menu FreePDF Creator untuk mengatur hasil keluaran PDF. Penjelasannya sebagai berikut :

  • Output Quality, untuk mengatur kualitas PDF. Tersedia 4 pilihan: Web quality, print quality, Prepress quality dan Custom. Mungkin kita perlu coba-coba agar mendapat hasil yang maksimal antara ukuran dan kualitas
  • Document Properties, kita bisa mengisikan properti dokumen PDF, seperti title (judul), author (pembuat), subject (tema) dan kata kunci (keyword)
  • Security, kita bisa mengatur keamanan file PDF, misalnya memberi password, ijin copy paste file, print dan lainnya
  • PDF Editing Options. Untuk menu ini hanya tersedia di software berbayar PDFConverter

Setelah di test, untuk konversi dari Word ke PDF memang cukup bagus, termasuk ketika konversi dokumen yang menganding huruf Arab. Termasuk jika ada link, juga bisa di klik. Tetapi ketika saya coba dokumen mempunyai daftar isi yang mempunyai link-link aktif (table of content), hasil pdf masih belum maksimal, karena link-nya tidak jalan. Sehingga jika kita akan membuat pdf dari Microsoft Office 2007 sebaiknya menggunakan add-on dari Microsoft Save PDF. Untuk Office 2010, sudah menyertakan konversi ke PDF dengan memilih menu Share.

Jika kita memerlukan software untuk konversi PDF dari program lain (selain Microsoft office), maka freePDF Creator bisa dijadikan alternatif. Kemudian jika kita memerlukan fitur keempat atau terakhir, kita bisa menggunakan tambahan program gratis seperti PDF Tool. Kita juga bisa menggunakan program pembuat pdf gratis lainnya

Sistem yang diperlukan

  • Sistem Operasi: Windows® 98, ME®, Windows NT®, 4.0, 2000, XP®, Windows Vista®, Windows 7®
  • Software tambahan: Microsoft Office® 2000, 2002/XP, 2003 or 2007
  • Processor: Pentium® processor atau yg setara
  • Hard Drive Space: 10MB
  • Memory: 64MB RAM
  • Monitor: VGA 16 color 640×480 screen resolution

Download FreePDF Creator (10.2 MB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s