Ganti Icon-Icon di Desktop Komputer dengan Fences


Ganti  Icon-Icon di Desktop Komputer dengan Fences, Ketika kita sering m

enginstall program atau software komputer, Icon Desktop komputer kita biasanya akan semakin bertambah. Dengan desktop yang semakin penuh dengan Icon, kadang membingungkan ketika ingin menjalankan aplikasi tertentu.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan software gratis pengatur (organisir) icon desktop, Fences.

Fences merupakan software yang dibuat untuk meng-organisir icon-icon yang ada di desktop komputer (windows). Meskipun kita bisa mengatur manual dengan menggeser icon-icon yang ada, tetapi hal ini tidak praktis dan cukup merepotkan. Dengan Fences, kita bisa membuat semacam pagar (area) tertentu untuk setiap kelompok icon.

Untuk lebih jelasnya, fitur-fitur Fences antara lain :

  1. Merombak tampilan icon di desktop, kita bisa membuat area-area transparant untuk menempatkan icon. Bisa membuat banyak area (disebut fences), Area bisa diberi judul, bisa di geser ke mana saja di desktop, di ubah ukurannya.
  2. Mudah menampilkan atau menyembunyikan icon. Dengan double klik desktop, semua icon bisa ditampilkan atau disembunyikan, sehingga bisa melihat wallpaper desktop.
  3. Memindah icon-icon desktop ke area-area yang ada hanya dengan menggeser biasa
  4. Bisa menyimpan susunan yang sudah dibuat
Di atas adalah fitur-fitur Fences versi gratis. Meskipun terdapat juga versi berbayar dengan fitur lebih, tetapi versi gratis ini pun cukup membantu kita mengatur tampilan icon-icon desktop komputer.

Penggunaan Fences

Setelah program Fences di download, install di komputer. Setelah selesai komputer sebaiknya di restart terlebih dahulu. Setelah restart, selanjutnya di desktop akan muncul program fences, jika tidak double klik saja area di desktop.
Kita bisa memilih menggunakan contoh susunan (layout) Fences yang sudah ada ( dengan memilih Start Using Fences ), atau kita membuat sendiri I’ll Create my fence on my Own (bagi yang sudah ahli). Untuk langkah awal sebaiknya memilih opsi yang pertama, karena nanti kita juga tetap bisa membuat area sendiri. Setelah opsi pertama dipilih, akan muncul pilihan berikut :

Pilih saja Sort out my icon, sehingga kita bisa memilih contoh susunan-sunan (layout) yang sudah ada. Tinggal pilih salah satu area yang kita inginkan kemudian klik Apply. Otomatis tampilan desktop akan berubah.
Untuk mengatur, klik kanan fence. Kita bisa mengubah judulnya atau pun menghapus fence. Ketika dihapus iconnya tidak akan ikut terhapus, hanya keluar dari area fence tersebut. Untuk membuat fence baru buat area di desktop dengan klik kanan mouse (dan tahan), kemudian akan muncul tombol untuk membuat fence.

Untuk menyimpan susunan yang sudah kita buat, klik kanan desktop, pilih menu Configure fences.., kemudian pilih menu Tools. Klik tombol Take snapshot, kemudian beri nama susunan /tampilan icon baru yang sudah kita buat. untuk mengaktifkan tampilan yang sudah kita buat, klik gambar yang diinginkan dan pilih menu Restore snapshot

Contoh tampilan sebelum dan sesudah menggunakan Fences :

System yang diperlukan

Fences dapat digunakan di sistem operasi Windows XP, Vista atau WIndows 7. Di komputer harus sudah terinstall minimal Microsoft’s .NET Framework v2.0. ( untuk windows vista dan Windows 7, hal ini tidak perlu, karena sudah sertakan dalam windows,

Download Fences ( 8.64 MB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s