Inilah Pria Penemu Mesin ATM Tutup Usia


John Shepherd-Barron
(telegraph.co.uk)

Pria yang pertama kali menciptakan mesin tunai Automated Teller Machine (ATM) tutup usia dalam usia 84 tahun. Ia dapat ide mesin ATM saat sedang berbaring di bak mandi.

John Shepherd-Barron adalah sosok yang menghadirkan konsep mesin uang tunai yang memungkinkan nasabah melayani dirinya sendiri pada tahun 1965, ketika dia sedang berbaring di bak mandi setelah pergi ke bank dan terlambat mengambil uang.

Pebisnis yang bekerja di firma percetakan De La Rue Instruments mengatakan bahwa dia terinspirasi oleh mesin penjual coklat otomatis dan menyampaikan ide cara kerja serupa kepada kepala bank Barclays.

Mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pertama dipasang di cabang bank Barclay di Enfield, London pada tahun 1967 ketika Reg Varney salah seorang bintang acara televisi On the Buses, menjadi orang pertama yang mengambil uang tunai.

Benda tersebut dioperasikan dengan cara memasukkan cek spesial yang cocok dengan nomor Personal Identification Number (PIN) dan berkembang menjadi mesin yang menggunakan kartu plastik. Saat ini telah ada hampir dua juta mesin ATM di seluruh penjuru dunia.

Shepherd-Barron dari Portmahomack, Easter Ross, tutup usia di rumah sakit Raigmore, Inverness, Skotlandia pada hari Sabtu (22/5) sebagaimana dilansir Telegraph.

Dia tidak mematenkan sistem penemuannya dan tidak memperoleh uang sama sekali dari ide besarnya, tetapi diberikan pelayanan khusus yang bernama OBE. Dia juga dihargai dengan penghargaan pencapaian seumur hidup oleh Asosiasi Industri ATM dunia.

Menggambarkan momen ‘eureka’nya, dia mengatakan, “Saya ingat kembali ke tahun 1965 bahwa saya selalu mengambil uang dari bank setiap Sabtu pagi. Tetapi pada suatu Sabtu, saya terlambat satu menit datang ke bank dan sudah ditutup.”

“Mulai malam itu saya mulai berpikir bahwa saya harus punya cara lebih baik mendapatkan uang tunai ketika saya memerlukannya. Saya berpikir tentang mesin penjual coklat otomatis, di mana uang dimasukkan ke dalam celah dan sebuah celah lain mengirimkan coklat. Tentu saja uang dapat dikeluarkan dengan metode yang serupa,” imbuhnya.

“Secara kebetulan pada tahun 1965, saya bertubrukan dengan Kepala Manajer Umum Bank Barclays yang akan makan siang. Saya mengatakan kepadanya berikan saya 90 detik menyampaikan ide anjungan tunai mandiri,” papar Shepherd-Barron.

Nomor PIN yang direncanakan memiliki enam digit diubah menjadi empat karena Shepherd-Barron mengatakan istrinya Caroline hanya bisa mengingat empat hitungan angka.

Shepherd-Barron menjadi direktur pelaksana De La Rue Instruments, yang terlibat dalam percetakan lebih dari 140 lebih mata uang, termasuk sertifikat saham.

Dia menikahi Caroline Murray, putri Sir Kenneth, Kepala Royal Bank Skotlandia pertama, lalu pindah ke Easter Ross ketika pensiun bersama tiga anak lelaki dan enam cucunya.

James Goodfellow, penemu asal Skotlandia lainnya, mematenkan teknologi PIN dan menjadi pihak yang mengklaim penemu ATM. Dia juga insinyur pengembang yang diberikan proyek mesin anjungan tunai mandiri pada tahun 1965.

Sistemnya menerima sebuah kartu terenkripsi dan keypad numerik, layaknya mesin ATM masa sekarang, tetapi mesin yang ditesnya dikembangkan setelah mesin yang diciptakan oleh Shepherd-Barron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s