Terungkap, Hacker Penjual 1,5 Juta Akun Facebook


Info ? Terungkap, Hacker Penjual 1,5 Juta Akun Facebook, Facebook telah mengidentifikasi hacker bernama Kirllos yang mencoba menjual 1,5 juta akun baru-baru ini di forum bawah tanah.


Kirllos pertama kali diinformasikan oleh peneliti dari VeriSign iDefense beberapa minggu setelah ia mengklaim memiliki jumlah tak biasa akun Facebook untuk dijual dengan harga bawah tanah. Berdasarkan keterangan VeriSign, Kirllos menginginkan harga US$25 (Rp 228 ribu) hingga US$45 (409 ribu) setiap seribu akun, tergantung kualitas pertemanan dari pengguna Facebook tersebut.

Kirrlos tampaknya telah menjual setidaknya 700 ribu akun, meskipun tidak ada yang tahu pasti akan klaim tersebut, berdasarkan pernyataan direktur Cyber Intelligence VeriSign, Rick Howard.

Saat ini Facebook mengatakan bahwa tim forensik yang bekerja sama dengan industri lain telah memiliki gambaran siapa Kirllos sebenarnya. “Kami telah menemukan identitas Kirllos berdasarkan alamat IP, akun online dan informasi lain sehingga dipercaya bahwa ia merupakan aktor kelas rendah,” kata juru bicara Facebook Simon Axten.

Axten tidak menyebutkan nama sebenarnya dari Kirllos namun ia mengatakan bahwa hacker ini berada di Rusia. Dan meskipun Kirllos muncul dengan pembajakan akun, mungkin terdapat serangan tertentu atau menempatkan kode pengganggu di komputer korban. Namun, Kirllos kemungkinan hanya mendapatkan beberapa ribu identitas, kata axten.

Dengan menganalisis contoh akun yang dibajak Kirllos maka didapat bukti mengenai legitimasi benda miliknya dan penyelidik Facebook mendapat gambaran apa yang telah Kirrlos lakukan.

“Bagaimanapun jumlah akun yang ditemukan berjumlah jauh lebih sedikit dari yang dilaporkan. Kami telah membuat pengaturan ulang dari kata kunci di semua akun yang terkena dampak, serta memberikan peringatan pada pemilik akun.”

Perusahaan ini juga menyerahkan berkas Kirllos untuk penegakan hukum. Namun, jika dia berbasis di Rusia, ia tidak pernah dapat dituntut. Ini sangat sulit untuk menangkap hacker Rusia, terutama jika terjadi di negara lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s