Inilah Manusia Kuno Kawin dengan Neanderthal


Inilah Manusia Kuno Kawin dengan Neanderthal, Neanderthal dan manusia kuno diperkirakan melakukan perkawinan dan kemungkinan terjadi saat manusia pertama mulai pindah ke luar Afrika, menurut studi genetik terbaru.

(abcnews.go.com)

Individu yang asli Eropa, Asia, dan Australia seluruhnya memiliki DNA Neanderthal, tapi tidak dengan Afrika, lapor para peneliti di jurnal Science.

Studi ini mungkin membantu menyelesaikan debat berkepanjangan mengenai apakah Neanderthal dan manusia modern hanyalah dua kehidupan yang berdampingan di Eropa dan Timur Tengah.

“Mereka yang tinggal di luar Afrika membawa sedikit DNA Neanderthal di diri kita,” kata Svante Paabo dari Max Planck Institute di Munich, Jerman, yang memimpin penelitian ini.

“Proporsi warisan materi genetis Neanderthal sekitar 1 hingga 4 persen. Ini memang sedikit namun proporsi yang sebenarnya dari keturunan non-Afrika saat ini,” jelas Dr David Reich dari Harvard Medical School di Boston yang ikut andil dalam penelitian ini.

Peneliti menggunakan metode modern yang disebut perangkaian keseluruhan genom yang menguji DNA dari tulang Neanderthal yang ditemukan di Croatia, Rusia, Jerman dan Spanyol.

Juga beberapa potongan tulang kaki yang hancur dari salah satu gua Crosia yang dipercaya para peneliti sebagai bentuk kanibalisme

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s