Ada Tikus Aneh Telanjang Bergigi Besar


Ada Tikus Aneh Telanjang Bergigi Besar, Tikus mondok telajang merupakan salah satu hewan dengan penampilan teraneh. Ahli biologi menyebut tikus ini sebagai ‘sosis bertaring tajam’.

Tikus itu penampilannya tanpa bulu, kisut, kulit pucat pink dan memiliki mata hitam yang bercahaya. Tetapi satu hal yang sangat menarik perhatian adalah tonjolan dua giginya yang sangat besar sekali.

“Mereka sedikit mirip dengan sosis bertaring tajam,” ujar Dr Chris Faulkes, di laboratorium tikus telanjang di Universitas Queen Mary London Inggris.

Pertama kali diperhatikan, deskripsi Dr Faulkes sangat tepat. “Memang hewan dengan penampilan yang amat sangat aneh,” ujar ilmuwan yang telah menghabiskan waktu 20 tahun terakhir mempelajari tikus telanjang tersebut.

Tikus yang merupakan keluarga tikus Afrika itu ditemukan sebagian di Kenya, Ethiopia dan Somalia. Mereka hidup di dalam liang-liang bawah tanah lebar, yang membantu penjelasan mengapa penampilan makhluk tersebut seperti itu, di mana mereka menggunakan gigi besarnya untuk menggali.

Dr Faulkes mengatakan, “secara mengagumkan mereka mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan kehidupan bawah tanah.”

Tetapi bukan hanya penampilan tidak biasa yang menarik perhatian, perilaku pun sama anehnya dalam dunia mamalia. Makhluk kecil tersebut hidup di dalam kelompok yang besar. Rata-rata ditemukan dalam koloni dengan anggota 80-100 individu, tetapi terkadang bisa tumbuh hingga 300 individu dalam satu kelompok yang kuat.

Lebih aneh lagi adalah struktur sosialnya. Mereka berperilaku campuran antara mamalia dan serangga dalam hubungan sosial.

Dr Faulkes menunjuk ke seekor tikus yang terlihat dua kali lebih besar daripada yang lainnya dan satu hewan besar tersebut mendorong ke arah luar beberapa temannya.

“Itulah ratunya,” ujarnya. “Bahkan di satu koloni yang sangat besar, ada satu ekor betina yang tugasnya bereproduksi dan dia kawin dengan satu, dua bahkan tiga ekor jantan terpilih.

Sisa dari koloni, baik jantan dan betina menekan aktivitas reproduksi dan tidak pernah melahirkan. Tetapi tikus yang tidak melakukan hubungan seks tetap memiliki pekerjaan lain.

“Tikus yang lebih kecil memiliki peran sebagai pekerja jadi mereka menangani perawatan aktivitas koloni,” ujar Dr Faulkes.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s