Terekam Ubur-ubur Raksasa di Teluk Meksiko


Terekam Ubur-ubur Raksasa di Teluk Meksiko, Ubur-ubur raksasa Stygiomedusa gigantea mengagumkan berhasil terekam kamera jarak jauh. Ilmuwan juga menemukan ikan duyung mirip ular.

Ubur-ubur tersebut memiliki perisai berbentuk piringan yang bisa seluas satu meter dan empat lengannya bisa memanjang hingga enam meter.

Besarnya 114 kali ubur-ubur normal dari yang diketahui sains dalam 110 tahun terakhir.

Profesor Mark Benfield dari Louisiana State University di Baton Rouge Amerika Serikat, mendapati makluk tersebut dalam proyek gabungan Serpent, kolaborasi antara ilmuwan kelautan dan perusahaan energi termasuk BP, Shell, Chevron dan Petrobas, yang bekerja di Teluk Meksiko.

Dengan menggunakan Remotely Operated Vehicle (ROV) yang disediakan oleh perusahaan gas dan minyak bumi, ilmuwan mampu menjelajah laut dalam lebih detil, termasuk ke lapisan yang di sebut mesopelagic dan bathypelagic.

Dalam studi tersebut, peneliti juga berhasil menangkap jejak salah satu ikan terbesar di laut bebas yakni ikan dayung yang mirip ular. Tidak banyak yang diketahui tentang ubur-ubur tersebut, tetapi diperkirakan hewan tersebut merupakan predator invertebrata terbesar di ekosistem laut dalam.

Obervasi langsung hewan langka tersebut sangat jarang ditemukan. Itu merupakan pertama kalinya ubur-ubur raksasa berhasil direkam kamera di Teluk Meksiko. Gambar menunjukkan bahwa ubur-ubur berwarna ungu kemerahan tersebut berada di kedalaman 996 meter hingga 1747 meter.

Dengan melihat dari studi dan catatan sebelumnya tentang ubur-ubur, ilmuwan akan mampu mengkonfirmasi ke arah mana penyebaran spesies tersebut, kecuali Arktik. Studi ini mewakilli usaha pertama analisis global dari distribusi hewan laut raksasa.

Sumber : Inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s