Obyek Misterius Muncul di Luar Angkasa


Obyek Misterius Muncul di Luar Angkasa,Sebuah obyek baru yang asing dan misterius ditemukan di luar angkasa. Obyek ini mungkin versi mini dari benda paling terang di jagad raya.

(space.com)

Obyek ini tiba-tiba muncul pada gelombang radio yang relatif dekat dengan galaksi M82, dengan jarak sekitar 10 juta tahun cahaya. Penemuan ini muncul dalam laporan pada Selasa lalu.

“Obyek baru yang muncul pada Mei 2009, telah melewati kepala kita, dan kita belum pernah melihat hal ini sebelumnya,” ujar peneliti Tom Muxlow, astronom dari University of Manchester di Inggris.

Obyek misterius ini muncul dengan cepat dalam beberapa hari dan belum menunjukkan tanda-tanda untuk mati, meskipun telah hadir hampir satu tahun. “Bahkan tampak sedikit lebih cerah,” jelas Muxlow.

Quasar telah ditemukan di pusat galaksi dan mengandung lubang hitam super besar. Mereka tidak lebih dari satu atau dua tahun cahaya, namun tampak jauh lebih dari 10 miliar tahun cahaya. Energi mereka diperkirakan muncul dari materi spiral dengan kecepatan tinggi dalam lubang hitam super besar yang secara teoritis sebagai pusat dari galaksi utama.

Mikro-Quasar seperti rekan mereka yang lebih besar, juga menggunakan materi spiral dalam lubang hitam. Namun, obyek di M82 tiga hingga sepuluh kali lebih terang dibandingkan micro-quasar lain yang pernah dilihat, dan micro-quasar lain tampak begitu jauh yang umumnya tampak terang setelah beberapa hari atau minggu.

“Kami berpikir bahwa lubang hitam besar pasti terlibat, namun kami tidak mengerti bagaimana mereka mendapatkan bahan bakar,” jelas Muxlow.

“Untuk mempelajari lebih jauh soal teka-teki ini, kami telah mencoba untuk memproses data dari 20 teleskop radio yang diambil saat melintas bumi meneliti pusat nuklir dari M82,” kata Muxlow.

Sumber b: inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s