cara mudah mencari literatur akademis secara luas


cara mudah mencari literatur akademis secara luas, Bagi anda yang kesulitan mencari literatur akademis atau pernah mencari di mesin pencari namun hasilnya kurang memuaskan, anda bisa menggunakan layanan khusus google yakni Google Cendekia.

Apakah yang dimaksud dengan Google Cendekia?

Google Cendekia menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas. Anda dapat mencari di seluruh bidang ilmu dan referensi dari satu tempat: makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya. Google Cendekia akan membantu Anda mengidentifikasi penelitian paling relevan dari seluruh penelitian akademis.

Tampilan Google Cendekia seperti ini :

Google Scholar

Fitur Google Cendekia

  • Cari berbagai sumber dari satu tempat yang praktis
  • Temukan makalah, abstrak, dan kutipan
  • Telusuri makalah lengkap melalui perpustakaan atau Web
  • Pelajari makalah penting dalam bidang penelitian apapun

Bagaimana cara menentukan peringkat artikel?

Google Cendekia bertujuan menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.

Bagaimana cara mencari menurut penulis?

Masukkan nama penulis dalam tanda kutip: “d knuth”. Untuk menambah jumlah hasil, gunakan inisial, bukan nama depan lengkap.

Jika Anda menemukan terlalu banyak makalah yang mencantumkan penulis tersebut, gunakan operator “penulis:” untuk mencari penulis secara spesifik. Misalnya, Anda dapat mencoba [penulis:knuth], [penulis:”d knuth”], or [penulis:”donald e knuth”].

Bagaimana cara mencari menurut judul?

Masukkan judul makalah dalam tanda kutip: “Sejarah Laut China.” Google Cendekia akan secara otomatis mencari makalah tersebut dan makalah lain yang mencantumkannya.

Bagaimana cara mencari penelitian terbaru tentang topik tertentu?

Cukup klik “Artikel terbaru” di sisi kanan halaman hasil agar hasil disusun ulang untuk membantu Anda mencari penelitian yang lebih baru secara lebih cepat. Susunan baru memperhatikan berbagai faktor, seperti reputasi makalah sebelumnya dari penulis dan jurnal tersebut, sekaligus teks lengkap setiap artikel dan frekuensi penggunaannya dalam kutipan.

Apakah fungsi link Artikel Terkait?

Untuk setiap hasil pencarian Google Cendekia, kami berupaya secara otomatis menentukan artikel dalam indeks yang paling terkait dengan pencarian tersebut. Anda dapat melihat daftar artikel dengan mengklik link “Artikel Terkait” yang muncul di sebelah hasil. Daftar artikel terkait ini diberi peringkat terutama berdasarkan kemiripan artikel dengan hasil awal, namun memperhatikan juga relevansi setiap makalah. Mencari makalah dan buku terkait biasanya merupakan cara yang baik bagi pemula untuk mengetahui salah satu topik. Namun, kami melihat bahwa beberapa ahli bahkan terkadang dapat merasa terkejut saat menemukan karya terkait dalam bidang keahlian mereka.

Bagaimana cara mencari makalah dalam publikasi tertentu?

Pada halaman Pencarian Lanjutan, Anda dapat menetapkan kata kunci yang harus muncul dalam artikel dan nama publikasi. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Tips Pencarian Lanjutan.

Bagaimana cara mencari menurut kategori?

Dari halaman Pencarian Lanjutan, Anda dapat mencari literatur akademis dalam 7 bidang penelitian yang luas. Cukup centang kotak untuk bidang subjek yang akan dicari.

Apa saja yang tersedia di Google Cendekia?

Google Cendekia menyediakan makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan literatur akademis lainnya dari semua bidang penelitian yang luas. Anda akan menemukan karya dari berbagai penerbit akademis dan komunitas profesional, serta artikel akademis yang tersedia di seluruh Web. Google Cendekia juga menyertakan berbagai versi artikel (mungkin artikel awal) yang dapat Anda akses.

Sumber : Kumpulancara.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s