Tips Membuat Password Yang Kuat


Password adalah suatu unsur penting yang ada dalam dunia online yang berperan sangat besar bagi netter. Karena perannya yang begitu penting maka jangan sembarangan dalam membuat password. Dalam membuat suatu account di dunia maya maka kita perlu membuat suatu password yang kuat agar tidak mudah diketahui orang lain.

Password umumnya yang aman merupakan kumpulan huruf, angka, dan simbol. Tetapi banyak yang menghiraukan hal tersebut. Banyak para netter yang menggunakan password asal-asalan alias tidak memperdulikan kekuatan password tersebut dan hanya membuat password yang mudah diingat.

Sebaiknya dalam membuat suatu password jangan membuat password yang berupa:

1. Nama panjang kalian

Bagi newbie membuat password dengan menggunakan namanya sendiri itu sangatlah umum. Alasannya satu, mudah untuk mengingatnya.

2. Tanggal lahir

Kalau yang satu ini juga masih banyak yang menggunakan tanggal lahirnya sebagai password karena juga mudah untuk mengingatnya

3. Sesuatu yang disukai

Kalau yang ini juga banyak para newbie yang menggunakan password yang berupa sesuatu yang disukai

Bagaimana yang terjadi jika password kalian berupa 3 hal tadi? Jawabannya simple? Bisa bisa password kalian bisa bocor atau diketahui banyak orang.

Ketika ada orang yang mengetahui data diri kalian maka data tersebut dapat mereka jadikan sebagai acuan password. Apalagi Anda seorang newbie maka ketiga kemungkinan password tadi bisa dicoba oleh para cracker yang telah mengetahui data diri Anda

Kebanyakan para cracker membobol suatu password dengan mengguanakan cara brute force login yaitu dengan memasukkan kumpulan password yang mungkin dari data-data yang telh diketahuinya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasinya yaitu dengan membuat password yang kuat. Kuat bukan berarti banyak karakternya melainkan memuat huruf,angka, dan simbol.

Setiap kita register dalam suatu situs pasti ada password indikator yang berfungsi untuk menunjukan apakah password yang kita buat tersebut kuat atau tidak.

Bagaimana cara membuat password yang kuat?

Seperti yang telah disebutkan tadi. Password yang kuat adalah password yang terdiri dari kumpulan huruf, angka, dan simbol sehingga akan menjadi sebuah yang kompleks dan susah untuk ditebak.

Sebagai tips saja, misalnya kita akan membuat password dengan kata panassekali. Agar menjadi password yang kompleks dan terdiri dari huruf, angka, dan simbol kita dapat merubahnya seperti berikut

p@n@553k@L1

Memang ini kelihatannya susah untuk dibaca namun password di atas tadi lebih kuat dari pada panassekali. Mengapa demikian? Karena panassekali hanya password yang berupa kumpulan huruf sedangkan p@n@553k@L1 merupakan kumpulan dari huruf,angka, dan simbol

Semoga bermanfaat,selamat mencoba ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s