Bocah Lumpuh Belajar Jalan Dari Bebek


London, Bocah laki-laki lumpuh berusia 4 tahun yang sebelumnya divonis harus menggunakan kursi roda seumur hidup kini mulai bisa belajar berjalan. Perawatan yang dilakukan terbilang unik dengan mencontek cara berjalan bebek yang cacat.

Finlay lomax diketahui menderita stroke sejak masih bayi dan berkembang menjadi cerebral palsy sehingga mempengaruhi cara kerja otaknya untuk mengkoordinasikan gerakan-gerakan dalam tubuhnya.

Keluarga sebelumnya sempat diberitahu dokter, bahwa Finlay tidak akan pernah bisa berjalan akibat kondisi kesehatannya tersebut. Tapi kini Finlay bisa menentang keputusan dokter dengan berdiri di atas kakinya sendiri setelah belajar setiap hari dengan bantuan seekor bebek tua.

Bebek yang diberi nama Ming-Ming ini berasal dari seorang petani dan mengalami cacat pada kakinya sehingga membuat bentuk kakinya miring. Ming-Ming akhirnya dibawa oleh keluarga Finlay ke dokter untuk dipasangi belat (kayu penyangga) agar kakinya bisa menjadi kuat.

“Hebatnya, Finlay sangat terkesan dengan kemajuan yang dialami oleh binatang peliharaan barunya itu. Karenanya ia mencoba untuk menyontek gerakan Ming-Ming sambil berkata ‘Aku berjalan seperti bebek, Bu’,” ujar sang bunda, Becci (29 tahun), seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (11/2/2010).

Becci mengungkapkan hal yang paling mengagumkan adalah saat Finlay membantu bebek tersebut berjalan, dirinya juga berhasil melakukan langkah pertamanya. Saat ini Finlay sudah bisa berjalan sejauh 5 meter pada satu waktu dengan menggunakan bantuan penyangga di rumahnya.

“Hal ini sangat luar biasa, anak saya bisa belajar berjalan dengan cara mempelajari bagaimana Ming-Ming berjalan. Sekarang keduanya secara teratur berjalan bersama-sama di sekitar rumah,” ujar Becci yang menjadi orangtua tunggal dan seorang mahasiswa hukum itu.

Sebelum bertemu dengan Ming-Ming, Finlay telah melakukan fisioterapi untuk membantunya berjalannya. Tapi ternyata tidak ada kemajuan yang didapatkan Finlay, justru dengan bantuan seekor bebek, Finlay bisa benar-benar mendapatkan kemajuan yang luar biasa.

“Aku sangat bangga padanya, aku sudah mengatakan padanya jika ia benar-benar berusaha dengan keras, maka suatu saat nanti ia bisa berjalan lebih depan dibandingkan Ming-Ming,” ungkapnya.

Stroke pada anak-anak memang jarang ditemukan, tapi kondisi ini bisa mempengaruhi ribuan bayi atau anak-anak setiap tahunnya meski penyebabnya belum dapat ditemukan.

Sedangkan cerebral palsy adalah suatu gangguan pada sel-sel motorik di dalam susunan saraf pusat yang bersifat kronik dan dapat menyebabkan cacat jaringan otak yang belum sepenuhnya berkembang.[health.detik.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s